Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu saat ini mencari solusi mengatasi masalah listrik di dalam lokasi objek wisata Danau Nibung yang menggelar hiburan rakyat saat libur Lebaran 1445 Hijriah.
 
Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko Netti Mizaniati, di Mukomuko, Kamis, menyebutkan sebanyak tiga objek wisata di daerah ini yang menggelar hiburan rakyat, yakni Danau Nibung, Danau Lebar, dan Pantai Batu Kumbang.
 
"Cuma ada kendala pemilik permainan anak-anak di Danau Libur melapor, karena tidak bisa menumpang listrik yang dipasang oleh pemerintah di salah satu rumah warga. Kendala ini, kami mau mengurusnya dan mencari solusinya," katanya lagi.
 
Berdasarkan laporan dan keterangan yang diterimanya dari pemilik usaha permainan anak-anak di lokasi objek wisata Danau Nibung, listrik tersebut dipasang oleh pemerintah.
 
Menurutnya, pemilik usaha ini melapor terlalu mendadak atau saat libur Lebaran, di mana pengunjung membutuhkan hiburan, termasuk permainan anak-anak berupa mobil-mobilan listrik.
 
Kendati demikian, ia mengatakan, pihaknya akan mencari tahu apakah listrik dipasang di salah satu rumah warga dekat objek wisata itu dipasang oleh pemerintah atau tidak.
 
Selain mencari tahu legalitas meteran listrik tersebut, ia mengatakan, pihaknya mau mengadakan pertemuan dengan berbagai pihak terkait termasuk pihak PLN dan pengelola objek wisata.
 
Untuk sementara ini, ia menyarankan, pemilik usaha permainan anak-anak memakai mesin genset untuk mengoperasikan permainan anak-anak tersebut.
 
Ia mengatakan, selain itu instansinya akan berkeliling untuk mencari tahu kendala atau masalah di objek wisata Danau Lebar dan Pantai Batu Kumbang.
 
Sebanyak tiga objek wisata ini, yakni Pantai Batu Kumbang Desa Pulau Baru, objek wisata Danau Lebar di Kecamatan Teras Terunjam, dan Danau Nibung di Kecamatan Air Manjuto.
 
Tiga objek wisata ini telah menyampaikan surat pemberitahuan, dan pemda telah memberikan rekomendasi untuk menyelenggarakan hiburan rakyat saat libur Lebaran.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024