Kalangan pedagang pengepul sayuran di Kabupaten Rejang Lebong melakukan penggalangan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Lebong yang terjadi pada Selasa (16/4) lalu, dalam bentuk aneka sayuran, uang dan sembako.

Cecep, selaku koordinator aksi penggalangan bantuan korban banjir Lebong yang juga pimpinan UD Sultan Cabe disela-sela kegiatan pengumpulan bantuan di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Jumat, mengatakan bantuan tersebut mereka kumpulkan dari para petani dan pengepul sayuran di wilayah itu.

"Hari ini kita melakukan penggalangan bantuan untuk membantu para korban banjir di Kabupaten Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan, bantuan yang mereka himpun ini berasal dari petani dan pengepul sayuran di wilayah Kecamatan Selupu Rejang yang berada di sepanjang Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau. Bantuan ini berupa sayuran hijau, sembako hingga uang tunai.

Aksi penggalangan bantuan ini mereka lakukan selama dua hari, pada hari itu pengumpulan bantuan dan keesokan harinya (Sabtu, 20/4) bantuan akan mereka antarkan langsung ke posko-posko penanggulangan bencana maupun dapur umum di Kabupaten Lebong.

Menurut dia, kegiatan penggalangan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Lebong ini merupakan bagian dari program Jumat berkah yang memang rutin dilaksanakan para pengepul sayuran di Kabupaten Rejang Lebong dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya, banjir akibat luapan Sungai Ketahun di Kabupaten Lebong yang terjadi pada Selasa pagi (16/4) telah menyebabkan 29 desa tersebar dalam tujuh kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Topos, Rimbo Pengadang, Bingin Kuning, Lebong Sakti, Uram Jaya Amen dan Kecamatan Lebong Utara. 

Berdasarkan data BPBD Lebong diketahui jumlah warga yang terdampak mencapai 2.712 jiwa, kemudian sebanyak 195 unit rumah warga rusak, 35 lokasi infrastruktur rusak, 15 unit fasilitas umum rusak, 15 unit tempat usaha rusak serta puluhan hektare areal pertanian rusak.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024