Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu terus melakukan aksi jemput bola untuk melakukan perekaman terhadap lanjut usia (lansia) yang belum memiliki kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.

Kepala Disdukcapil Kota Bengkulu Widodo, di Bengkulu, Rabu, mengatakan aksi jemput bola tersebut dilakukan setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menerima laporan terkait adanya lansia belum memiliki KTP elektronik.

"Aksi jemput bola ini sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat terkhusus para lansia di Kota Bengkulu. Aksi hari ini dilakukan di sejumlah wilayah seperti di Kecamatan Singaran Pati dan Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu," ujarnya.

Menurut Widodo, untuk perekaman data KTP elektronik khusus bagi para lansia tidak ada jadwal khusus.

"Masyarakat dibantu oleh RT (rukun tetangga) atau pemerintah kelurahan untuk mengajukan permohonan layanan ke Disdukcapil. Semua dipermudah serta dipercepat dan petugas akan datang ke rumah pemohon," ujar dia.

Menurut dia, aksi perekaman jemput bola dilakukan juga untuk membantu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan dilaksanakan guna membantu penduduk lansia dan penyandang disabilitas dalam mendapatkan KTP digital sebagai dokumen utama yang digunakan untuk mengakses pelayanan publik lainnya.

Serta, katanya, sebagai pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) jenis lanjut usia dan memerlukan perhatian pemerintah, kemudian diusulkan mendapatkan bantuan sosial lainnya oleh Pemkot Bengkulu.

Sebelumnya, sejak Januari hingga Maret2024 Disdukcapil Kota Bengkulu telah menerbitkan 24 KTP elektronik milik orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan menerbitkan 15 KTP elektronik lansia dan empat penyandang disabilitas.

Perekaman KTP elektronik terhadap ODGJ, lansia dan penyandang disabilitas dilakukan dengan cara jemput bola. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bahwa semua warga Indonesia sama haknya dalam perlindungan hukum ataupun hak sipil.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024