Menjelang perayaan Idul Adha 1445 Hijriah, penjualan hewan kurban di Kota Bengkulu mengalami peningkatan signifikan.

"Pesanan sudah banyak, hewan sapi yang kita siapkan sebanyak 75 ekor dan sebagian besar telah dipesan," ungkap Sadiman, seorang peternak lokal, di Kota Bengkulu, Kamis.

Dengan Idul Adha yang semakin dekat, banyak warga telah memesan hewan kurban jauh-jauh hari untuk menghindari kehabisan. Harga jual hewan berkisar dari Rp18,5 juta hingga Rp35 juta, tergantung jenis dan berat sapi.

Sadiman menjamin bahwa semua hewan kurban yang dijual dalam kondisi sehat dan terbebas dari penyakit seperti lumpy skin disease (LSD) dan jembrana, berkat perawatan rutin dan pemberian vitamin.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu menyatakan M Syarkawi ketersediaan hewan kurban untuk Idul Adha tahun ini mencapai 38.770 ekor.

"Dari jumlah tersebut, 15.246 ekor terdiri dari sapi, kerbau, dan kambing, cukup untuk memenuhi kebutuhan kurban di seluruh kabupaten dan kota di provinsi ini," kata dia.

Pemerintah Provinsi Bengkulu juga fokus pada kelancaran distribusi ternak, terutama di wilayah-wilayah yang mengalami kekurangan seperti Kota Bengkulu dan Kabupaten Rejang Lebong.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan para peternak dan distributor untuk memastikan tidak ada kekurangan hewan kurban yang signifikan," kata dia.

Kesiapan ini diharapkan dapat membantu perayaan Idul Adha berjalan lancar dan membawa berkah bagi masyarakat di seluruh Provinsi Bengkulu.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024