Desa Tunggal Jaya, Kecamatan Teras Terunjam, telah dinobatkan sebagai desa terbaik pertama tingkat kabupaten oleh Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Lomba desa sudah selesai, dan pemenangnya sudah ada, untuk pemenang pertama Desa Tunggal Jaya, lalu kedua Desa Sumber Makmur, dan Desa Sungai Ipuh," kata Asisten I Bagian Kesra dan Pemerintahan Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko Haryanto di Mukomuko, Selasa. 

Haryanto mengatkan penilaian dalam lomba desa ini meliputi berbagai aspek, termasuk penilaian lapangan, persentase, dan penilaian kinerja desa, yang dilakukan oleh tim penilai lomba desa tingkat kabupaten.

Desa Tunggal Jaya, yang juga pernah menjadi desa terbaik pertama tingkat kabupaten pada tahun 2018 dan runner-up terbaik tingkat provinsi pada tahun 2017, direncanakan akan mewakili Kabupaten Mukomuko dalam lomba desa tingkat provinsi yang akan datang.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Wagimin, menjelaskan bahwa walaupun tahun ini tidak ada kegiatan lomba desa khusus, tetapi pihaknya tetap melakukan seleksi menggunakan sistem penilaian yang ada.

"Baru tahun 2025 kami akan memasuki kegiatan lomba desa. Tahun 2024 ini banyak kegiatan dinas kami yang berfokus pada penutupan dan pemenuhan iuran BPJS kesehatan bagi perangkat desa," ujar Wagimin.

Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi Desa Tunggal Jaya dan desa-desa lain di Kabupaten Mukomuko untuk terus meningkatkan kinerja dan kontribusi mereka terhadap pembangunan lokal serta kesejahteraan masyarakatnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024