Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, mengeluarkan pernyataan tegas agar ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dijadikan sarana untuk memperkuat nilai-nilai Islam yang membawa rahmat bagi seluruh alam.

"Saya pesankan betul MTQ ini dapat menguatkan tekad nilai Islam di kehidupan sehari-hari dan menjadikan kita Islam yang 'rahmatan lil 'alamin'," ujar Gubernur Rohidin di Bengkulu, Kamis.

MTQ ke-36 Tingkat Provinsi Bengkulu ini diikuti oleh 402 kafilah dari 9 kabupaten dan kota, yang bersaing dalam 9 cabang perlombaan.

"MTQ tingkat Provinsi merupakan event dua tahunan yang rutin digelar di 9 kabupaten dan satu kota. Tahun ini, MTQ ke-36 diselenggarakan di Bengkulu Utara. Kami berterima kasih atas penyelenggaraan MTQ ini yang berlangsung meriah dan sukses," kata Rohidin.

Lebih dari sekadar perlombaan, Gubernur Rohidin berharap MTQ menjadi ajang mempererat silaturahmi masyarakat dan semangat belajar Alquran serta hadist.

"Saya harap kegiatan MTQ ini jadi forum silaturahmi dan momen penyemangat dalam belajar Alquran dan hadist, serta untuk penguatan ilmu-ilmu agama dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Bupati Bengkulu Utara, Mian, juga berharap MTQ tingkat Provinsi Bengkulu ini melahirkan generasi yang cinta Alquran dan memiliki akhlak mulia, menjadi teladan bagi masyarakat.

"MTQ punya nilai religi yang mengasah kemampuan membaca Alquran dan menanamkan nilai-nilai keagamaan. Dengan diselenggarakannya MTQ di Bengkulu Utara, kita berharap ini menjadi momentum utama memperkuat nilai-nilai Alquran dalam kehidupan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024