Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memastikan daging sapi, kerbau, dan kambing yang disembelih pada Idul Adha 1445 di daerah itu aman dikonsumsi oleh warga setempat.
 
"Secara umum bagus, dan tidak terdapat penyakit pada daging sehingga aman dikonsumsi," kata Kasie Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Yeni Misra saat dihubungi dari Mukomuko, Senin.
 
Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko sejak beberapa hari terakhir sampai sekarang melakukan pemeriksaan hewan kurban Idul Adha 1445 Hijriah di masjid-masjid yang tersebar di 15 kecamatan daerah ini.
 
Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko mengerahkan sekitar 42 orang petugas yang terdiri atas atas dokter hewan, para medis hewan dan petugas peternakan kecamatan untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban.
 
Terkait pemeriksaan daging hewan kurban, ia mengatakan petugas mendatangi hampir semua masjid, seperti Masjid Agung, Masjid Al-Ikhlas, Masjid Nurul Falah, Masjid Furgon, dan Baiturahman.
 
"Semua tempat, termasuk masjid yang menggelar kegiatan penyembelihan hewan kurban kita layani dan Alhamdulillah, sampai sekarang tidak ada daging hewan kurban yang mengandung penyakit," ujarnya pula.
 
Ia mengatakan puluhan petugas peternakan dan kesehatan hewan selain melakukan pemeriksaan daging hewan kurban serta tata laksana penyembelihan hewan kurban.
 
Berdasarkan pemantauan secara umum di tempat pemotongan hewan kurban, tata laksana pemotongan dari mulai hewan datang, disembelih, dan dibagikan bagus.
 
Sementara itu, ia memastikan, sekian banyak hewan kurban yang dijual keluar daerah ke daerah tetangga seperti Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kerinci (Jambi) dalam keadaan sehat.
 
Sebagian besar hewan kurban yang dipasarkan keluar daerah ini mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang diterbitkan oleh Dinas Pertanian setempat.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024