Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2025 menyiapkan tiga orang pendamping untuk membantu calon haji asal daerah ini selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.
 
"Tahun 2025 kami ajukan dana untuk tiga pendamping jamaah calon haji sebesar Rp300 juta, atau Rp100 juta per orang di APBD," kata Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko Amri Kurniadi di Mukomuko, Selasa.
 
Ia mengatakan tiga pendamping calon haji asal daerah ini, yakni pendamping ibadah, pendamping umum, dan tenaga kesehatan.
 
"Nanti mereka bertiga yang diusulkan menjadi pendamping calon haji akan menjalani tes di tingkat provinsi", katanya.
 
Sekarang ini pendamping calon haji asal Mukomuko dari provinsi, dinilai tidak efektif.
 
Terkait kriteria bakal pendamping calon haji asal daerah ini, ia mengatakan, sesuai dengan keahliannya masing-masing seperti pendamping kesehatan dari petugas kesehatan.
 
Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini memberikan subsidi untuk akomodasi keberangkatan dan pemulangan sebanyak 180 calon haji asal daerah itu.
 
"Memang kami berbagi tugas. Pemda sendiri memberikan subsidi akomodasi dan transportasi dari daerah asal ke embarkasi sementara di Kota Bengkulu menjadi tanggung jawab pemda," ujarnya.
 
Ia menambahkan pihaknya sudah menyiapkan lima bus untuk mengantar sebanyak 180 calon haji dari daerah ini ke embarkasi sementara di Kota Bengkulu.
 
Kemudian, pemda juga sudah mempersiapkan personel dari Polres Mukomuko, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan yang berhubungan dengan jalan untuk mengawal calon haji daerah ini dari Kota Bengkulu.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024