Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah pegawai di daerah itu saat ini sudah mendekati ideal.

"Berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja kebutuhan pegawai di Kabupaten Rejang Lebong seluruhnya sekitar 6.000 orang. Jumlah pegawai saat ini sudah mendekati ideal," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Rejang Lebong Wahyu Destiawan, di Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan, jumlah pegawai di Kabupaten Rejang Lebong saat ini mencapai 4.000 orang, dan pada tahun 2024 ini akan dilakukan perekrutan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.550 formasi.

"Jadi, kalau ditambah dengan hasil seleksi CNPS dan PPPK nantinya jumlah pegawai di Kabupaten Rejang Lebong sudah 5.500 orang. Kalau mau dipenuhi 6.000 orang, APBD kita tidak mencukupi untuk membayar gaji mereka," ujarnya.

Pada proses penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2024 ini, kata dia, akan ada pegawai dengan usia produktif sehingga bisa memenuhi kebutuhan berbagai bidang pelayanan publik.

"Kalau kebutuhan guru atau tenaga pendidik semua usulannya berasal dari Dinas Dikbud Rejang Lebong, kami hanya meneruskan usulan ke Kemenpan-RB. Begitu juga penempatannya mereka yang menentukan sekolah mana saja yang membutuhkannya," kata dia.

Sementara itu untuk proses pelaksanaan seleksi CPNS Kabupaten Rejang Lebong, ujar dia, akan dilaksanakan pada minggu ketiga Agustus 2024 untuk 50 formasi terdiri atas 30 formasi tenaga teknis dan 20 formasi tenaga kesehatan.

Sedangkan untuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dari pemerintah pusat sebanyak 1.500 formasi, saat ini masih menunggu petunjuk dari Kemenpan-RB.

"Jika waktu pelaksanaan seleksi PPPK ini sudah turun akan segera kita umumkan di media massa dan media sosial BKPSDM Rejang Lebong," kata Wahyu Destiawan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024