Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu menyiagakan sebanyak 2.653 personel yang disiagakan untuk berjaga dan mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
"Kita telah mendata jumlah TPS yang ada, untuk anggota yang dilibatkan 2.653 dari Polda Bengkulu dan jajaran," kata Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Anwar di Mapolda Bengkulu, Kamis.
 
Ia menyebutkan, sebanyak 2.653 personel akan disiagakan di 3.449 tempat pemungutan suara ( TPS) yang ada di Provinsi Bengkulu dengan jumlah personel tergantung dengan status TPS tersebut.
 
Hal tersebut dilakukan sebab, pelaksanaan Pilkada 2024 memiliki memiliki tantangan tersendiri karena dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dengan 37 pemilihan gubernur, 93 pemilihan wali kota, dan 415 pemilihan bupati.
 
Untuk itu, Anwar juga menyoroti potensi kerawanan yang lebih tinggi dibandingkan Pemilu Presiden 2024, untuk itu diperlukan kesiapan maksimal dari seluruh komponen masyarakat.
 
"Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan dan demi mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 hendaknya seluruh pemangku kepentingan melakukan deteksi dini, pemetaan kerawanan pada setiap tahapan serta kesiapan secara maksimal," terang dia.
 
Sementara itu, Asisten III Pemprov Bengkulu Nandar Munadi menerangkan bahwa pemerintah provinsi turut memberikan dukungan berupa penyelenggaraan, keamanan, anggaran, dan koordinasi dengan forkopimda.
 
"Kita ketahui bersama bahwa tahapan pilkada sudah dimulai dari beberapa waktu yang lalu, diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat mendukung kelancaran pelaksanaan pilkada di Provinsi Bengkulu," katanya.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024