Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di lahan kosong depan RSUD setempat dimulai awal bulan September 2024 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
 
"Saat ini kami menunggu kegiatan perencanaan yang berjalan sampai 19 Agustus 2024, kemudian pelaksanaannya ditargetkan awal bulan September 2024," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Budi Yanto di Mukomuko, Senin.
 
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp900 juta yang bersumber dari dana bagi hasil (DBH) sawit untuk pembangunan RTH di depan RSUD setempat.
 
Terkait dengan jenis pekerjaan pembangunan RTH di depan RSUD setempat, ia mengatakan, jenis pekerjaannya sesuai dengan hasil perencanaan kegiatan tersebut.
 
"Semua jenis pekerjaan RTH yang akan dibangun tersebut sesuai dengan perencanaan, selanjutnya setelah penyedia barang dan jasa yang melaksanakan pekerjaan itu," ujarnya.
 
Setelah ada perencanaan pembangunan RTH itu, katanya, dilanjutkan dengan proses lelang atau pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk pembangunan fisik RTH.
 
Ia mengatakan karena anggaran untuk pembangunan RTH di atas Rp200 juta, maka proses pengadaannya harus melalui lelang di Unit Pengadaan Barang dan Jasa (UPBJ) Kabupaten Mukomuko.
 
Salah satu jenis pekerjaan fisik di RTH tersebut adalah pembangunan taman dan penanaman pohon untuk penghijauan, namun belum ditentukan jenis tanaman apa saja yang akan ditanam di lahan kosong di depan RSUD tersebut.
 
"Nanti pihak konsultan perencanaan yang menentukan jenis tanamannya, yang pasti tanamannya itu jenis pohon untuk penghijauan lingkungan," ujarnya

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024