Mukomuko (Antara) - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan kepala desa serentak di 65 desa daerah ini sebanyak 48 ribu orang pemilih.

"Kami baru sekarang menetapkan DPT karena data pemilih telah dilaporkan oleh Desa Lubuk Sanai. Jumlah DPT tersebut berkurang dari daftar pemilih sementara yang ditetapkan sebelumnya sebanyak 50 pemilih," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Mukomuko Badi Uzaman, di Mukomuko, Rabu.

Ia menyatakan pula, DPT untuk pilkades serentak di 65 desa itu telah diserahkan kepada panitia penyelenggara pilkades di sekretariat pemerintah setempat.

Sedangkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang disiapkan oleh sebanyak 65 desa yang menyelenggarakan pilkades serentak, bervariasi. Tetapi rata-rata dua TPS per desa.

Kotak suara dan bilik suara untuk TPS pilkades itu, katanya lagi, saat ini sedang berjalan proses lelang pengadaan kotak suara di unit layanan pelelangan (ULP) setempat.

Proses lelang itu diperkirakan berlangsung selama 25 hari.

Anggaran pengadaan kotak suara pilkades serentak, menurutnya, sebesar Rp411 juta.

Sedangkan pengadaan bilik suara dilakukan dengan cara penunjukan langsung karena anggarannya di bawah Rp200 juta.

Ia menerangkan, pemerintah setempat menyiapkan dana sebesar Rp2,02 miliar untuk pilkades serentak di daerah itu.

Dia mengungkapkan, dana untuk pilkades serentak tahun 2016 ini lebih kecil dibandingkan dengan dana yang diusulkan instansi itu sebesar Rp2,5 miliar.

Ia menyatakan, dana sebesar Rp2,02 miliar yang digunakan untuk membiayai seluruh keperluan mulai dari pembelian logistik, honor panitia pelaksana, dan dana untuk keamanan pilkades.***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016