Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menginformasikan dua kelompok tani di wilayah tersebut telah mendapatkan bantuan irigasi berupa pompa atau perpipaan dari Pemerintah Pusat.

"Kelompok tani yang menerima bantuan ini terdiri dari satu kelompok di Kecamatan Malin Deman dan satu lagi di Kecamatan Selagan Raya," kata Subkoordinator Saprodi, Alsintan, dan Pembiayaan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Dodi Hardiansyah, di Mukomuko, pada Minggu.

Ia mengatakan pihaknya telah mengirimkan seluruh dokumen persyaratan bagi kedua kelompok tani tersebut ke Kementerian Pertanian untuk proses pencairan dana yang akan digunakan dalam pembangunan irigasi perpipaan di dua lokasi ini.

Dodi mengatakan, setiap kelompok tani tersebut akan menerima alokasi anggaran sebesar Rp100 juta dari Pemerintah Pusat, yang diperuntukkan bagi pembangunan irigasi pompa atau perpipaan.

Menurut dia, dari total anggaran tersebut, sekitar Rp94 juta akan dialokasikan untuk pembangunan fisik, termasuk pembelian pipa dan pembuatan pintu air, sementara Rp6 juta akan digunakan untuk persiapan lainnya seperti perencanaan, operasional, dan instalasi.

Ia juga menyebutkan, panjang pipa yang akan dibangun dari pintu pembagian air irigasi hingga ke areal persawahan diperkirakan mencapai satu kilometer di setiap wilayah.

Dodi mengatakan pelaksanaan pembangunan irigasi pompa atau perpipaan di dua titik lokasi tersebut akan dimulai sekitar bulan September 2024.

Lebih lanjut, ia menjelaskan salah satu kelompok tani di Kecamatan Malin Deman sudah memiliki sumber air dari sebuah air terjun di Desa Talang Baru, yang cukup besar dan potensial untuk mengairi lahan sawah.

Saat ini, pembangunan irigasi perpipaan sedang diarahkan ke Desa Talang Baru, Kecamatan Malin Deman, untuk memanfaatkan sumber air tersebut. Namun, diperlukan pipa untuk menyalurkan air ke sawah, mengingat saluran tersier di lokasi itu sebagian besar masih berupa tanah.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024