Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka masa tanggapan masyarakat untuk kelima bakal pasangan calon(bapaslon) wali kota dan wakil wali kota Bengkulu jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Bengkulu Anggi Stephensent di Bengkulu, Jumat menerangkan, bagi masyarakat yang ingin menyampaikan tanggapan atau masukkan dapat disampaikan ke sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan situs web helpdesk KPU Kota Bengkulu.

Baca juga: KPU Kota Bengkulu verifikasi tahap II berkas balon wali kota dan wakil

"Saat ini kami masih melakukan penelitian terhadap verifikasi terhadap berkas perbaikan bapaslon sembari menunggu tanggapan masyarakat," ujar dia.

Ia menyebutkan bahwa tahapan tanggapan dari masyarakat sangat penting untuk KPU sebelum menetapkan bakal pasangan calon menjadi pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bengkulu.

Sebab, tahapan tanggapan tersebut sebagai wujud demokrasi yang transparansi adil dan jujur, serta warga juga dapat memberikan penilaian terhadap masing-masing bapaslon apakah layak atau tidak untuk ikut pelaksanaan pilkada.

Baca juga: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah cuti untuk jadi peserta Pilkada 2024

Lanjut Anggi, untuk tahapan masyarakat yang dapat disampaikan kepada KPU Kota Bengkulu seperti latar belakang pendidikan, utang piutang dan latar belakang lain yang memang menjadi syarat pencalonan.

"Laporan dari masyarakat akan kita tanggapi sesuai prosedur berlaku, melakukan klarifikasi ulang terhadap berkas persyaratan bapaslon bersangkutan," katanya.

Berikut lima bapaslon yang saat ini tengah dilakukan verifikasi administrasi ulang oleh KPU Kota Bengkulu yaitu Deddy Ermansyah dan Nuragiyanti Dewi Permatasari yang diusung oleh tiga partai politik yaitu Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat (NasDem), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Baca juga: KPU Bengkulu minta empat bakal pasangan calon perbaiki berkas

Kemudian, bakal pasangan calon wali kota Bengkulu Dani Hamdani dan Sukatno yang diusung oleh dua partai politik yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Benny Suharto dan Fahrizal yang diusung oleh sejumlah partai politik yang tediri dari Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Buruh Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), Partai Ummat dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selanjutnya, bakal pasangan calon Ariyono Gumay dan Harialyyanto Nurcahyo Ardhi melalui jalur independen serta Deddy Wahyudi dan Rony Tobing yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024