Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) petugas sekretariat panwascam dalam menghadapi Pilkada 2024.
 
"Bimtek ini bertujuan untuk penguatan kapasitas SDM petugas sekretariat panwascam," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Mukomuko Rustam Effendi di Mukomuko, Selasa.
 
Bawaslu Kabupaten Mukomuko menggelar bimtek dengan tema "Penguatan Kapasitas SDM Kesekretariatan dalam Rangka Memberi Dukungan Administrasi Pengawasan pada Pilkada 2024".
 
Kegiatan bimtek ini digelar di aula salah satu hotel yang berada di wilayah Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko, dan kegiatan ini diikuti oleh puluhan petugas sekretariat pengawas pemilu tingkat kecamatan.
 
Ia menjelaskan bahwa kegiatan bimtek ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada petugas sekretariat tentang tugas dan fungsi mereka dalam mendukung kegiatan pengawasan Pilkada 2024.
 
“Kami menyiapkan SDM petugas sekretariat pengawas pemilu tingkat kecamatan ini dalam rangka mendukung tugas baik Bawaslu maupun panwascam dalam menjalankan tugas pengawasan pilkada tahun ini," ujarnya.
 
Ia berharap, setelah mengikuti bimtek ini para petugas sekretariat panwascam yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini dapat memahami tugas dan fungsinya dalam membantu kesuksesan Pilkada 2024.
 
Menurut dia, petugas sekretariat baik bendahara maupun koordinator sekretariat harus memahami administrasi dalam menghadapi Pilkada 2024.
 
Untuk itu, setelah mereka memahami tugas dan fungsinya, maka jajaran pengawas di bawahnya bisa lebih fokus dalam menjalankan tugas pengawasan pada pilkada tahun ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024