Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah membentuk Forum Anak tingkat kecamatan sebagai upaya untuk memberikan wadah bagi anak belajar berkomunikasi, berdiskusi, dan berorganisasi.
 
"Alhamdulillah di tahun ini seluruh kecamatan sudah dibentuk Forum Anak," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Mukomuko Panji Surya di Mukomuko, Jumat.
 
Setelah pembentukan Forum Anak di 15 kecamatan, kata dia, ada musyawarah tingkat kabupaten terkait kepengurusan Forum Anak kabupaten periode 2022-2024 sudah berakhir.
 
Ia menambahkan dari 15 kecamatan di daerah ini, ada kecamatan yang beberapa waktu lalu sudah terbentuk dan di tahun ini dituntaskan pembentukan di seluruh kecamatan.
 
Sedangkan Forum Anak tingkat desa dan kelurahan, katanya, belum semuanya terbentuk, baru empat desa dan kelurahan  yang sudah terbentuk Forum Anak.
 
Empat desa dan dua kelurahan ini yakni Desa Sumber Sari, Desa Lubuk Sanai III, Desa Sumber Mulya, Desa Ujung Padang, Kelurahan Koto Jaya, dan Kelurahan Bandar Ratu.
 
Selanjutnya ia berharap semua desa dan kelurahan ada Forum Anak dan untuk pembentukannya ada andil dari aparat desa dan kelurahan. Ia mengatakan Forum Anak merupakan wadah bagi anak-anak untuk berekspresi, tempat menyampaikan aspirasi, termasuk ada edukasi, dan ada informasi untuk anak-anak.
 
Kemudian, kata dia, diharapkan pada saat musyawarah tingkat desa dan kelurahan, anak-anak diundang biar mereka bisa menyampaikan apa kegiatan, di situlah aspirasi disampaikan.
 
Dalam forum anak ini, katanya, mereka mendapatkan edukasi terkait dengan larangan penyalahgunaan narkoba, pengetahuan tentang apa saja, termasuk perundungan dan kekerasan seksual, agar mereka menghindarinya.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024