Rejanglebong (Antara) - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, Zulkarnain, menyebutkan pelantikan 61 Kepala Desa di daerah itu hasil pemilihan serentak akan dilaksanakan 2 Agustus.

"Pelantikan 61 Kades hasil Pilkades serentak yang dilaksanakan 14 Juli 2016 lalu akan dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus nanti bertempat di GOR Curup," katanya, Ahad.

Pelantikan 61 Kades yang tersebar dalam 13 dari 15 kecamatan di Rejanglebong tersebut kata dia, sebelumnya dijadwalkan dilantik 31 Juli, tetapi karena bertepatan hari libur sehingga di undur.

Kepastian pelantikan 61 Kades terpilih ini tambah dia, mementahkan gugatan dari delapan calon kepala desa (Cakades) yang kalah dalam pemilihan yang menuding terjadinya pelanggaran Pilkades seperti adanya indikasi politik uang, penggelembungan suara, adanya pemilih tidak dikenal dan sebagainya.

Namun laporan yang dibuat Cakades atau melalui tim suksesnya itu tidak dilengkapi bukti dan saksi serta tidak adanya rekomendasi dari Panwasdes sehingga pelaksanaan Pilkades di daerah itu dinilai berjalan lancar dan semua permasalahan bisa selesai di tingkat panitia desa.

Kendati demikian tambah dia, proses dugaan pelanggaran-pelanggaran yang dilaporkan ini nantinya akan terus berjalan walaupun para calonnya sudah dilantik. Jika terbukti bersalah maka kemenangan mereka dapat dibatalkan.

Rencana pelantikan 61 Kades terpilih ini nantinya kata Zulkarnain akan dilaksanakan dalam pengamanan yang ekstra ketat, dimana para Cakades terpilih hanya bisa membawa enam orang yang berasal dari keluarga, tim sukses dan perangkat desa. Hal ini dilakukan selain untuk keamanan juga kapasitas gedung dibatasi maksimal hanya 2.000 orang.

Sementara itu usai dilantik oleh Bupati Rejanglebong, para Kades terpilih ini juga akan mendapat pengarahan dari Polres dan Kejari Rejanglebong tentang penggunaan anggaran desa. Pengarahan ini dilakukan untuk mengantisipasi kepala desa tersandung masalah hukum dalam penggunaan dana desa.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016