Mukomuko (Antara) - Pejabat Kantor Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengajak semua lembaga swadaya masyarakat (LSM) membantu pemerintah setempat membangun daerah ini.

"Kita mengajak LSM membantu membangun daerah ini sesuai degan bidangnya masing-masing," kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Mukomuko, Jumaidi, di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, LSM dan organisasi kemasyarakatan merupakan mitra pemerintah, jadi sudah seharusnya LSM membantu pemerintah membangun daerah ini.

Ia menjelaskan, bantuan yang dimaksudnya adalah pemikiran dan masukan yang bersifat membangun. Selain itu sesuai dengan visi dan misi lembaga itu, atau searah dengan anggaran dasar dan rumah lembaga itu.

Karena, katanya, masing-masing LSM itu memiliki tujuan organisasi yang berbeda-beda, seperti misalnya LSM lingkungan membantu dalam mengawasi lingkungan di daerah itu.

Termasuk, lanjutnya, LSM yang sejalan dengan instansi teknis, yakni membantu mengawasi aktivitas pembangunan fisik dan nonfisik agar sesuai dengan aturan.

"Jangan sampai tujuan LSM ini menyimpang dari organisasi," ujarnya.

Ia mengatakan, selanjutnya instansinya akan membina LSM di daerah itu. Guna memudahkan instansi itu dalam pemantauan aktivitasnya.

Selain itu, katanya, instansi itu ke depannya akan mengadakan pelatihan guna meningkatkan kompetensi pengurus LSM di daerah itu.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya masih berupaya mendata seluruh LSM di daerah itu.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016