Mukomuko (Antara) - Pejabat Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan tahun 2017 ada sebesar Rp115 miliar dana bantuan pemerintah pusat untuk 148 desa di daerah itu, atau naik dibandingkan tahun ini.

"Tahun ini kita dapat bantuan dana untuk desa sebesar Rp90 miliar, tahun 2017 ada penambahan mencapai Rp115 miliar," kata Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Mukomuko, Juni Erwani, di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, bantuan dana untuk 148 desa itu belum termasuk alokasi dana desa (ADD) yang bersumber dari APBD tahun 2017 sebesar Rp54 miliar.

Ia menyebutkan, apabila dihitung total keseluruhan dana untuk desa di daerah itu pada tahun 2014 sebesar Rp169 miliar.

Dengan penggabungan dana desa dan ADD sebesar itu, ia memperkirakan, setiap desa di daerah itu mendapat pembagian sebanyak sekitar Rp1,3 miliar.

Ia mengupayakan, tahun depan pencairan ADD dan DD lebih cepat dari tahun ini. Pencairan tahap pertama sekitar bulan Maret hingga April dan pencairan tahap kedua pada bulan Agustus.

Ia menyatakan, pihaknya siap mengupayakan pencairan dana desa lebih cepat sepanjang tidak ada keterlambatan penyaluran dana tersebut dari pemerintah pusat ke daerah itu.

Karena, menurutnya, salah satu penyebab keterlambatan pencairan dana desa tahun ini karena keterlambatan penyaluran dana tersebut ke daerah itu.

Ia berharap, kenaikan ADD dan DD pada tahun depan lebih kepada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016