Mukomuko (Antara) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menargetkan rehabilitasi enam ruas jalan usaha tani yang rusak parah, sehingga sulit dilewati kendaraan pengangkut hasil pertanian tanaman pangan pada April tahun ini.

"Target kepala dinas paling lama akhir bulan April kegiatan itu sudah berjalan," kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin, di Mukomuko, Senin.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian tahun ini akan merehabilitasi sebanyak enam ruas jalan usaha tani yang rusak parah di Desa Sumber Makmur, Arah Tiga, Lubuk Sanai, Pondok Baru, Sungai Gading, dan Desa Talang Baru.

Ia menyebutkan, total anggaran yang diperlukan untuk kegiatan itu sekitar Rp1 miliar, dan bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Pihaknya melibatkan pihak ketiga atau kontraktor pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk mengerjakan proyek tersebut.

"Anggaran rehabilitasi jalan usaha tani itu di bawah Rp200 juta, sehingga pelaksanaannya melalui proses penunjukan langsung," ujarnya.

Dia mengatakan pula, saat ini sedang melakukan survei untuk perencanaan proyek rehabilitasi enam ruas jalan usaha tani yang rusak tersebut oleh konsultan perencanaan kegiatan itu.

Ditargetkan, perencanaan kegiatan rehabilitasi jalan usaha tani itu rampung dalam bulan ini juga, sehingga setelah itu dapat berlanjut dengan pengadaan kegiatan tersebut.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017