Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menjalin kerja sama dengan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dalam membangun infrastruktur di wilayah berbatasan dua kabupaten ini.

"Kerja sama ini mulai tahun 2018. Kerja sama dalam pembangunan infrastruktur wilayah perbatasan dua daerah ini akan dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman atau MoU," kata Kabag Administrasi Pemerintahan Pemerintah Kabupaten Mukomuko Sapriadi di Mukomuko, Kamis.

Dua kabupaten ini menjalin kerja sama membangun infrastruktur wilayah perbatasan guna menindaklanjuti keputusan Kementrian Dalam Negeri yang telah menetapkan batas Provinsi Bengkulu dengan Sumatera Barat.

Ia menyatakan, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah daerah setempat akan terlobat langsung dana kerjasama ini, karena mereka yang akan melaksanakan pembangunan infrastruktur wilayah perbatasan.

Ia menjelaskan, kerjasama ini berupa pembangunan jalan, bangunan sekolah, puskesmas dan berbagai infrastruktur untuk masyarakat di wilayah perbatasan.

"Kita bersama dengan Kabupaten Pesisir Selatan membangun jalan di wilayah perbatasan," ujarnya.

Selain itu, katanya, kerja sama dalam penertiban administrasi pertanahan agar tidak ada kekeliruan dalam pembuatan administrasi pertahanan pascapenetapan batas dua provinsi.

Karena katanya, sebelum ada penetapan batas dua wilayah ini pernah mengeluarkan surat keterangan tanah untuk masyarakat di wilayah perbatasan. Untuk itu perlu penertiban administrasi pertanahan.

Pihaknya melibatkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) di daerah itu melakukan penertiban administrasi pertanahan di wilayah perbatasan. ***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017