Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas III Provinsi Bengkulu mengatakan kesehatan 139 caloh haji (Calhaj) dari Provinsi Bengkulu yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah berisiko tinggi.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas III Bengkulu, Rosyid Ridlo Prayogo di Bengkulu, Senin, menyebutkan 139 Calhaj itu tergabung dalam kelompok terbang enam Embarkasi Sumatera Barat yang telah diberangkatkan pada pukul 04.05 WIB pagi ini dari Padang ke Madinah.

"Pemeriksaan kita lakukan kemarin sebelum diberangkatkan ke Padang, jamaah diterbangkan pada pukul 22.30 WIB Minggu malam," kata dia.

Jamaah yang diperiksa di kelompokkan menjadi dua kategori umur, yang pertama diatas 60 tahun. Pada kelompok usia ini ada 86 orang calon haji dengan penyakit berisiko tinggi (risti), sebanyak 39 orang diantaranya pria, dan 47 orang lainnya perempuan.

Pada kelompok umur diatas 60 tahun ini juga ada jamaah yang dinyatakan sehat dan bugar, yakni sebanyak 71 orang, diantaranya 57 orang pria dan 14 orang perempuan.

Untuk calon haji dengan kondisi kesehatan risti tidak hanya ditemukan pada kelompok umur diatas 60 tahun saja. Terdapat 53 jamaah dengan usia di bawah 60 tahun kondisi kesehatannya berisiko tinggi, diantaranya 13 orang pria dan 40 orang perempuan.

Menurut Rosyid, lima penyakit terbanyak yang diderita calon haji sesuai dengan pemeriksaan terakhir yakni, hipertensi sebanyak 80 orang, diabetes 25 orang, hiperkolesterol 23 orang, kardiomegali 22 orang, dan obesitas 21 orang.

"Untuk kategori umur jamaah, 5--49 tahun ada 53 orang, 50--60 tahun sebanyak 179 orang, dan diatas 60 tahun 159 orang. Jemaah termuda berusia 26 tahun dan tertua 91 tahun," ujarnya.

Pada Senin, 23 Juli ini, penyelenggara haji Bengkulu akan memberangkatkan kelompok terbang kedua setempat atau tergabung dalam kelompok terbang tujuh embarkasi Sumatera Barat.

"Sekarang jamaah sudah masuk asrama, sedang tahap pembagian paspor, gelang identitas dan pengecekan terakhir kesehatan," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Ramlan.

Jamaah kloter tujuh ini berjumlah 387 orang, dan pada pukul 00.30 WIB malam nanti (24/7) akan diberangkatkan ke padang, pagi Selasa pukul 06.55 WIB diterbangkan ke Madinah.

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018