Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Manajemen PT Bumi Mentari Karya, pabrik kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Selasa, membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

"PT BMK saat ini membeli sawit petani dengan harga sebesar Rp1.060 per kg, atau naik sebesar Rp30 per kg dari sebelumnya Rp1.060 per kg," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudianto di Mukomuko, Selasa.

Sebelumnya sebanyak lima pabrik kelapa sawit di daerah itu membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, yakni pabrik kelapa sawit PT SSJA, PT S3, PT SAP, PT KSM dan PT USM.

Pabrik kelapa sawit di daerah itu membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat lebih tinggi dibandingkan sebelumnya karena salah satunya pengaruh pengiriman minyak mentah kelapa sawit atau CPO keluar daerah itu mulai lancar. 

Baca juga: Alhamdulillah, harga sawit di pabrik Mukomuko mulai naik

"Sekarang ini tangki penampungan CPO di pabrik kelapa sawit tidak penuh lagi. Selain itu berkurangnya antrean kendaraan yang menjual sawit ke pabrik di daerah ini," ujarnya.

Kendati demikian, harga jual sawit di pabrik kelapa sawit di daerah itu masih rendah dibandingkan harga ketetapan tim perumus harga komoditi perkebunan pemerintah provinsi setempat sebelumnya, yakni sebesar Rp1.200 per kg.

Ia berharap, setelah ini harga tandan buah segar kelapa sawit di seluruh pabrik kelapa sawit di daerah itu kembali naik.

Sedangkan harga sawit di lima pabrik kelapa sawit bertahan dengan harga lebih rendah dibandingkan sebelumnya, yakni di pabrik PT MMIL sebesar 1.000 per kg, di pabrik PT AMK sebesar Rp1.000 per kg, harga sawit di pabrik PT DDP di Kecamatan Ipuh dan di Desa Lubuk Bento masing-masing sebesar Rp1.010 per kg. 

Baca juga: Program peremajaan sawit di Mukomuko terancam batal

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018