Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Tim Tribina Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membina usaha kecil menengah di 16 kampung keluarga berencana (KB), guna meningkatkan kesejahteraan keluarga setempat.

"Kita membina usaha kecil untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di kampung KB. Tim memberikan pembinaan terhadap ibu rumah tangga agar mereka memiliki tambahan penghasilan," kata Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nurdiana di Mukomuko, Sabtu.

Tim tribina pemerintah setempat terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Keluarga Berencana serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko melakukan pembinaan terhadap usaha kecil menengah milik ibu-ibu yang berada di kampung KB secara bertahap.

Ia mengatakan, tim ini pada tahap awal ini memberikan pembinaan terhadap usaha kecil menengah di 12 dari 16 kampung KB, kemudian pembinaan usaha kecil menengah di empat kampung KB.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memberikan pembinaan terkait dengan cara menggurus izin usaha, cara pemasaran produk usaha kecil menengah milik ibu rumah tangga di kampung KB.

Sehingga berbagai usaha kecil menengah seperti keripik ubi di kampung KB ini memiliki izin usaha sehingga berbagai jenis produknya bisa dipasarkan di tingkat lokal dan luar daerah tersebut.

Tujuan kita itu agar ibu rumah tangga yang ada kampung KB ini mandiri dengan melakukan aktivitas usaha kecil menengah," ujarnya.

Selain itu, tim ini juga mendorong ibu rumah tangga yang belum ada aktivitas agar membuka usaha kecil menengah atau? industry rumahan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018