Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, tahun 2019 akan membangun empat embung dan empat dam parit guna mengairi areal pertanian di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Taman SP, di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan rencana pembangunan embung dan dam parit tersebut guna menyukseskan program swasembada pangan di Kabupaten Rejang Lebong.

"Program kita pada tahun 2019 ini ialah pembangunan empat embung dan empat dam parit. Untuk memastikan program ini berjalan, tim dari Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong sudah turun langsung ke beberapa lokasi yang akan dibangun embung serta dam parit," ujarnya.

Lokasi yang sudah mereka survey untuk pembangunan embung dan dam parit ini tambah dia, diantaranya adalah Kecamatan Binduriang, Sindang Beliti Ilir dan Kota Padang.

Untuk lokasi pembangunan embung itu sendiri akan dilaksanakan dalam tiga kecamatan yang sudah di survey, dan untuk pembangun dam parit akan di pusatkan di Kecamatan Kota Padang sesuai dengan permintaan warga dalam sarasehan dengan Rejang Lebong beberapa waktu lalu.

"Dipilihnya Kecamatan Kota Padang sebagai lokasi pembangun dam parit, karena di wilayah itu banyak dam yang sudah tidak berfungsi pada hal di Kecamatan Kota Padang ini areal persawahannya cukup banyak," katanya.

Pembangunan embung dan dam parit yang mereka akan laksanakan itu berdasarkan pengajuan proposal dari kelompok tani, nantinya pembangunan embung dan dam parit akan dibiayai oleh Kementan yang pengerjaannya dilakukan secara swakelola dengan besaran anggaran mulai dari Rp80 juta hingga Rp120 juta.

"Dari anggaran yang disediakan pemerintah pusat ini diharapkan embung yang dibangun bisa menampung air minimal 500 meter kubik, sedangkan untuk dam parit nanti akan disesuaikan dengan kondisi yang ada dilapangan," tambah dia.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019