Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh tiga pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya.

“Harga tandan buah segar kelapa sawit naik berkisar Rp15-30 per kilogram di tiga pabrik, yakni PT Sapta Sentosa Jaya Abadi, PT USM dan PT BMK,” kata Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan hal itu setelah menerima data harga tandan buah segar kelapa sawit dari sebanyak 12 pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini.


Baca juga: Mayoritas pabrik di Mukomuko beli sawit mahal
Baca juga: Produksi sawit petani Mukomuko turun

Ia menyebutkan, harga tandan buah segar kelapa sawit di pabrik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi naik dari sebesar Rp1.285 per kg menjadi Rp1.300 per kg, harga sawit di pabrik PT USM naik dari Rp1.370 per kg menjadi Rp1.400 per kg.

Ia menambahkan, begitu juga dengan harga tandan buah segar kelapa sawit di pabrik minyak kelapa sawit di PT BMK naik dari sebesar Rp1.360 per kg menjadi Rp1.390 per kg.

Ia berharap, mudah-mudahan pabrik lain di daerah ini menyusul membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Harga tandan buah segar kelapa sawit di sembilan pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini masih bertahan, yakni di pabrik KSM sebesar Rp1.280 per kg, di PT MMIL sebesar Rp1.280 per kg, harga sawit di PT AMK sebesar Rp1.285 per kg, harga sawit di PT SAP sebesar Rp1.210 per kg.

Lalu harga sawit di PT KAS sebesar Rp1.280 per kg, harga sawit di PT DDP Ipuh dan Desa Lubuk Bento masing-masing sebesar Rp1.280 per kg, PT GSS sebesar Rp1.340 per kg.


Baca juga: Distan Mukomuko pertanyakan realisasi anggaran peremajaan sawit
Baca juga: Harga sawit petani Bengkulu membaik Rp1.100/kilogram

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019