Dinas Kelautan dan Perikanan Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap 610 masyarakat nelayan mendapatkan bantuan asuransi nelayan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 2019.

“Kuota asuransi nelayan untuk daerah kita ini sebanyak 500 orang, tetapi kita berharap ada penambahan dari kuota menjadi 610 nelayan, sesuai dengan usulan,” kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Nasyyardi dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat (28/6).

Baca juga: Distan Mukomuko batal beli alat mesin pertanian

Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapatkan kuota asuransi nelayan untuk sebanyak 500 orang nelayan, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya 369 orang nelayan.

Meskipun daerah ini tidak mendapatkan penambahan kuota asuransi nelayan tahun 2019, ia berharap, adanya penambahan nelayan setempat yang mendapatkan bantuan asuransi nelayan dari kuota daerah lain.

“Kalau kita kemungkinan kekurangan kuota asuransi nelayan untuk nelayan setempat. Kita berharap kekurangan kuota asuransi nelayan di daerah ini bisa nyisip di kuota asuransi nelayan daerah lain,” ujarnya pula.

Ia menyatakan, sebanyak 610 orang nelayan yang diusulkan sebagai penerima bantuan asuransi nelayan kepada kementerian telah terdata di dinas ini dan data tersebut telah terinput dalam program kusuka.

Baca juga: KKP gelar operasi gabungan di laut Mukomuko

Ia mengatakan, salah satu persyaratan bagi setiap nelayan di daerah ini yang ingin mendapatkan bantuan asuransi nelayan dari kementerian yakni harus terdata dalam program kusuka.

Jika data nelayan tersebut telah terinput dalam program kusuka di dinas ini, ia mengatakan, selanjutnya nelayan ini secara otomatis mendapatkan bantuan asuransi nelayan dari KKP.

Ia menyatakan, instansi ini sejak bulan Januari 2019 sampai sekarang melakukan penginputan data masyarakat nelayan yang tersebar di sejumlah kecamatan di daerah ini.

Ia mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan penyuluh perikanan yang tersebar di sejumlah kecamatan dalam melakukan penginputan data nelayan sebagai penerima kusuka dan sebagai calon penerima asuransi nelayan.

Baca juga: Dinsos Mukomuko usulkan calon penerima bantuan kesehatan

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019