Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat akan menyiapkan pestisida berupa insektisida dan fungisida untuk membasmi hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi pada saat musim tanam kedua padi sawah di daerah ini.

“Kami akan membeli sebanyak 100 liter pestisida untuk kebutuhan musim tanam kedua padi sawah setelah pengeringan irigasi,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Dinas Pertanian setempat tahun ini mendapatkan alokasi dana untuk membeli sebanyak 100 liter pestisida yang meliputi insektisida sebanyak 40 liter dan sebanyak 60 liter fungisida.


Baca juga: Distan Mukomuko berharap penambahan dana eliminasi anjing liar

Sedangkan stok fungisida yang ada di dinas sekarang ini, katanya, semakin menipis sebanyak kurang dari 10 liter, sedangkan stok insektisida untuk pengendali hama dan penyakit tidak ada lagi.

Untuk itu, ia mengatakan, instansinya segera membeli insektisida dan fungisida untuk persiapan apabila suatu saat kelompok tani di daerah ini membutuhkan untuk membasmi hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi.

Ia mengatakan, instansinya memberikan bantuan insektisida dan fungisida kepada kelompok tani di daerah ini sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan stok insektisida di dinas ini.


Baca juga: MOS di Mukomuko dipastikan tidak ada ploncoan

Selain itu, ia mengatakan, instansinya memberikan bantuan insektisida dan fungisida kepada kelompok tani untuk mengantisipasi jangan sampai serangan hama dan penyakit yang merusak tanaman padi menyebar.

“Sebelum kami memberikan bantuan kepada petani, kami lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan serangan hama dan penyakit terhadap tanaman padi parah atau tidak,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyarankan, seluruh kelompok tani yang memiliki tanaman padi di lahan persawahan yang tidak begitu luas terserang hama dan penyakit agar swadaya dalam membeli insektisida dan fungisida untuk menanggulangi hama dan penyakit tersebut.


Baca juga: Ratusan warga Mukomuko ikuti pemeriksaan kesehatan gratis
Baca juga: Kecelakaan tewaskan seorang pelajar di Mukomuko
Baca juga: Seorang anak tewas tenggelam di Mukomuko

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019