Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bengkulu Selatan mendapat juara pertama pada ajang lomba cipta menu Beragam, Bergizi seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2019 yang digelar di Kabupaten Mukomuko, Rabu.

Kemudian juara kedua Kota Bengkulu, juara ketiga Kabupaten Kepahiang, juara harapan satu Kabupaten Bengkulu Tengah, harapan dua Kabupaten Rejanglebong dan harapan ketiga Kabupaten Seluma.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu Yunita Syaiful mengatakan kabupaten yang meraih juara pertama pada ajang lomba B2SA tingkat provinsi tahun 2019 akan mewakili Provinsi Bengkulu mengikuti lomba B2SA tingkat nasional tahun 2020.

“Sedangkan Kabupaten Mukomuko sebagai pemenang lomba B2SA tingkat provinsi tahun 2018 mewakili provinsi ini mengikuti lomba B2SA tingkat nasional tahun ini,” ujarnya.

Sedangkan dewan juri menilai peserta lomba B2SA tingkat provinsi tahun ini berdasarkan beberapa kriteria yakni rasa, keseimbangan menu lokal, keanekaragaman pangan lokal, cipta rasa, keamanan pangan.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan Dinas Ketahanan Pangan provinsi dan kabupaten/kota tidak hanya menyelenggarakan lomba ini saja tetapi juga melihat dampak dari kegiatan lomba ini.

Ia mengatakan, adapun tujuan dan dampak yang diharapkan dari kegiatan lomba B2SA ini yang pertama adanya penurunan konsumsi beras per kapita termasuk terigu di daerah ini.

Ia menyatakan, meskipun secara nasional konsumsi beras secara per kapita di tingkat nasional tertinggi Provinsi Sumatera Utara, tetapi perbedaan konsumsi beras masyarakat Bengkulu beda tipis dengan Sumut.

Untuk itu, menurutnya, dengan adanya kegiatan seperti ini, target pemerintah tidak hanya menurunkan angka konsumsi beras masyarakat per kapita, kalau bisa dihilangkan sesuai dengan program “One Day Not Rice”.

Ia mengatakan, program ini yang harus dikampanyekan kepada masyarakat di daerah ini sehingga konsumsi beras masyarakat secara bertahap berkurang dibandingkan sebelumnya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019