Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu menuntaskan verifikasi faktual terhadap 16 partai politik calon peserta pemilihan umum 2014.

Anggota Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Okti Fitriani mengatakan telah melakukan verifikasi faktual tentang kepengurusan, kantor dan keterwakilan perempuan di 16 partai politik tersebut.

"Verifikasi faktual terhadap dua partai politik yakni PDIP dan PAN menutup tahapan pertama hari ini (6/11)," kata Okti di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan hasil verifikasi terhadap 16 partai politik tersebut akan diplenokan oleh KPU dengan jadwal pleno pada 7 hingga 10 November 2012.

Selanjutnya, dari hasil pleno tersebut akan disampaikan partai politik yang belum melengkapi syarat verifikasi faktual.

Perpanjangan waktu untuk memperbaiki persyaratan yang kurang berlangsung sejak 11 hingga 17 November 2012.

"Hasil pleno yang akan merekomendasikan persyaratan yang masih kurang, sehingga partai politik masih memiliki waktu untuk memperbaiki dan melengkapi kekurangan," tambahnya.

Ia mencontohkan, pengurus DPD Partai Demokrat Bengkulu baru menyerahkan daftar struktur kepengurusan baru ke KPU.

Pergantian kepengurusan di DPD Partai Demokrat Bengkulu membuat verifikasi terhadap partai itu belum sepenuhnya dapat dilaksanakan.

"Masa perbaikan selama tujuh hari dapat dimanfaatkan Partai Demokrat untuk lolos verifikasi faktual," paparnya.

Okti mengatakan keberadaan kantor partai sudah diverifikasi oleh KPU, tinggal lagi struktur kepengurusan dan keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan partai itu.

Selain Partai Demokrat, menurut Okti sebagian partai politik lainnya perlu membuktikan keterwakilan 30 persen perempuan dalam struktur kepengurusan partai.

Sementara hari terakhir verifikasi faktual yakni PDIP dan PAN tidak ada kendala berarti.

Sebanyak 16 partai politik yang diverifikasi faktual oleh KPU Bengkulu yakni Partai Nasional Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Bulan Bintang, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Amanat Nasional, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerakan Indonesia Raya.

Selanjutnya Partai Demokrasi Pembaruan, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Keadilan Bangsa Indonesia Baru, Partai Peduli Rakyat Nasional, Partai Persatuan Nasional. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012