Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu Ahmad Hijazi menyatakan pemrintah kabupaten setempat memiliki komitmen untuk melestarikan seni budaya daerah yang ada di wilayah itu.

Komitmen Pemkab Rejang Lebong ini dikatakan dia pada acara Dialog Sinergitas Pelestarian Nilai Budaya yang diselenggarakan Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat, Dirjend Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di ruang Pola Pemkab Rejang Lebong, Kamis.

"Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan terus berkomitmen melestarikan budaya daerah, karena pelestarian budaya merupakan sesuatu yang sangat penting," kata dia.

Pentingnya pelestarian nilai budaya tersebut ujar dia, karena karena budaya merupakan perekat kehidupan manusia di massa yang lampau sehingga harus dilestarikan dan pengetahuan terhadap budaya meningkat dan bisa menjadi ikatan silaturahmi antar daerah serta memperkokoh persatuan bangsa.

Guna melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong pihaknya akan memaksimalkan peran dinas pariwisata dan dinas pendidikan dan kebudayaan setempat guna menggali dan memajukan setiap aspek budaya yang ada di Rejang Lebong.

Sementara itu, kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat, Suarman dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa budaya bukan hanya identitas saja, tetapi memiliki hal yang lebih penting dari identitas.

Budaya menurut dia bisa memberikan dampak yang luas bagi masyarakat mulai dari pembangunan karakter, menggerakkan ekonomi rakyat hingga menggerakan pariwisata dan lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019