Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan sebanyak 24 sekolah menengah pertama (SMP) atau 50 persen dari 48 SMP yang ada di daerah ini menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2019-2020.

“UNBK tahun pelajaran 2019-2020 untuk tingkat SMP di daerah ini ada penambahan sekolah yang sanggup menyelenggarakan UNBK, yakni mencapai 24 sekolah, atau ada kenaikan sebanyak 11 sekolah dari sebelumnya 13 sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Winarto dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Menurutnya, sekolah yang menyelenggarakan UNBK tahun pelajaran 2019-2020 bertambah karena ada beberapa sekolah di antaranya menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS), pemerintah dan sumbangsih masyarakat dalam pemenuhan sarana dan prasarana khusus UNBK seperti pembelian komputer.

Selain itu, ada beberapa sekolah menengah pertama yang belum lengkap sarana dan prasarana khusus UNBK tetapi tetap menyelenggarakan UNBK dengan cara menginduk ke sekolah yang sudah lengkap sarananya seperti komputer

“Ada sebanyak tujuh sekolah yang rencananya menginduk ke sekolah lain agar bisa menyelenggarakan UNBK tetapi sekolah ini tetap kami masukkan sebagai sekolah peserta UNBK Tahun pelajaran 2019-2020,” ujarnya pula.

Ia menyatakan, instansinya sebelumnya menargetkan seluruh sekolah menengah pertama di daerah ini menyelenggarakan UNBK pada 2020, tetapi belum terpenuhi karena karena masih banyak sekolah yang kekurangan sarana dan prasarana khusus UNBK seperti komputer.

Ia mengatakan, mudah-mudahan seiring dengan waktu semua sekolah menengah pertama yang ada di daerah ini memiliki kelengkapan sarana dan prasarana khusus UNBK.

Selain itu, ia mengatakan, pihaknya kedepan akan berkoodinasi dengan Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Wilayah IV Mukomuko terkait dengan penggunaan fasilitas sekolah menengah atas untuk menyelenggarakan UNBK.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019