Komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu mulai melakukan sosialisasi terkait penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2020.

Hal ini dilaksanakan dalam rangka mengajak masyarakat memeriksa data diri ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) apabila nanti Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah rampung. 

"Kita mengajak masyarakat dalam Kota Bengkulu untuk mengecek data dirinya masing-masing ke PPS apabila DPT Pilgub dan Pilwagub telah rampung nanti. Tujuannya untuk mengetahui apakah sudah masuk DPT atau belum. Agar bisa mengunakan hak pilih pada Pilgub dan Pilwagub 23 September 2020. Di Kota Bengkulu tidak ada Pemilihan Walikota dan Pemilihan Wakil Walikota," terang Komisioner KPU Kota Bengkulu Romi Sugara, Kamis.

Romi yang membidangi Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Bengkulu ini memaparkan, pihaknya telah memiliki Rumah Pintar Pemilu (RPP).

"Kita sudah punya RPP. Untuk itu agar masyarakat tahu, kita melakukan sosialisasi sekaligus audiensi dengan warga masyarakat. Kita bahkan sosialisasi sampai ke pasar-pasar. Karena sejak 4 November, kita punya program audiensi RPP," kata Romi. 

Lokasi mengkampanyekan RPP ini, sambung Romi, selain pasar tradisional juga ke beberapa sekolah seperti SMAN 1, SMA 1 Muhammadiyah 1, SMK bahkan SLB. 

"Sosialisasi memberitahukan kepada masyarakat dan pelajar bahwa KPU Kota memilki gedung RPP sebagai tempat informasi tentang kepemiluan. Jadi
RPP ini juga ada nilai sejarah Pemilu di Indonesia, sejarah lembaga KPU, serta contoh surat suara," paparnya. 

Di RPP Kota Bengkulu juga ditampilkan Skema TPS, calon presiden, DCT Caleg DPR, DPD, DPR Provinsi dan Kabupaten. Kemudian jumah DPT setiap Pemilu, serta jumlah TPS.

"Kita pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Bengkulu atas partisipasinya dalam Pileg, dan Pilpres 17 April lalu. Karena partisipasi masyarakat tinggi dan tidak ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang bisa mencederai nilai Demokrasi," papar Romi.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019