Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan membangun menara pandang untuk melengkapi fasilitas dalam objek wisata Danau Nibung di daerah ini.

“Salah satu fasilitas yang akan dibangun dalam objek wisata Danau Nibung pada 2020 yakni menara pandang untuk pengunjung yang ingin melihat secara langsung keindahan pemandangan Danau Nibung,” kata Kepala Dinas Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Apriansyah melalui Kabid Pariwisata Yulia Reni di Mukomuko, Selasa.

Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga setempat tahun ini mendapat dana alokasi khusus (DAK) untuk sektor pariwisata sebesar Rp3,9 miliar, sebagian dana tersebut akan dipakai untuk membangun menara pandang.

Ia menyebutkan, dana sektor pariwisata di daerah ini yang dibutuhkan untuk kegiatan pembangun menara pandang dalam objek wisata Danau Nibung di daerah ini sekitar Rp500 juta.

Sedangkan pelaksanaan pengerjaan pembangunan menara pandang dalam lokasi objek wisata Danau Nibung di daerah ini berdasarkan aturan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Rencana kita pembangunannya dalam waktu dekat ini, tetapi tetap kegiatan pembangunan fisik menara tetap berpedoman dengan aturan pengadaan barang dan jasa pemerintah,” ujarnya.

Instansinya saat ini sedang menyusun kerangka acuan kerja (KAK) kemudian membuat harga perkiraan sendiri (HPS) untuk kegiatan pembangunan menara pandang di dalam lokasi Danau Nibung.

Setelah selesai membuat KAK dan HPS, selanjutnya mengusulkan lelang paket kegiatan pembangunan menara pandang tersebut kepada pejabat pengadaan barang dan jasa pemerintah setempat.

Ia mengatakan, bahwa dana alokasi khusus sektor pariwisata sebesar Rp3,8 miliar tersebut tidak hanya untuk kegiatan pembangunan menara pandang saja tetapi juga untuk, pemasangan lampu taman, pembangunan gazebo, Landskip, lampu taman, tempat ibadah, kios dagang dan juga sarana air bersih.


Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020