Mukomuko (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu pada 2013 akan menanam pohon cemara di sepanjang pinggir pantai di daerah itu, terutama yang telah terkikis ombak laut.

"Dalam APBD tahun 2013 dialokasikan dana sebesar Rp850 juta untuk kegiatan itu," kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Mukomuko, Risber A Razak, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, dengan menggunakan dana itu, akan dilaksanakan penggadaan bibit cemara, untuk biaya pemeliharaan sampai pohon cemara tumbuh besar, termasuk juga dana itu untuk kegiatan operasional.

Namun, pihaknya belum dapat memastikan berapa banyak pohon cemara yang akan ditanam.

"Untuk jumlah pohonnya, itu tugas tim teknis yang menghitungnya, setelah selesai tahap survei di sepanjang pantai yang menjadi lokasi yang akan ditanam pohon cemara," katanya.

Kendati demikian, kata dia, dalam perencanaan awal hingga kegiatan itu disetujui masuk dalam APBD setempat, sepanjang pantai yang kritis di daerah itu dapat dihijaukan kembali.

Tetapi, kata dia, salah satu lokasi di pinggir pantai yang akan ditanami pohon cemara di Pantai Air Punggur atau di lokasi pantai yang telah dibangun pengaman pantai karena sering terkikis ombak laut.

Sementara itu, ia menerangkan, saat ini pemerintah setempat terus melakukan kegiatan penanaman pohon mahoni di sepanjang jalan nasional serta pusat perkantoran di daerah itu dengan jumlah mencapai ribuan pohon.

"Kegiatan penghijauan sekarang terus berlanjut, dan terakhir telah disiapkan sebanyak 500 lobang di sepanjang jalan kabupaten untuk ditanami pohon mahoni dan matoa," katanya. (FTO)
  

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013