Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, Minggu (1/3) menggelar tes tertulis terhadap 585 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu pada Pilkada serentak 2020.

Ketua KPU Kota Bengkulu Martawansyah mengatakan calon anggota PPS yang mengikuti tes tertulis ini adalah mereka yang dinyatakan lolos pada seleksi administrasi. Sebelumnya, kata Martawansyah, ada 669 orang yang mendaftar sebagai anggota PPS, namun setelah dilakukan verifikasi berkas hanya 585 yang lolos dan 84 orang dinyatakan gugur.

"Tes tertulis ini hanya kita lakukan satu hari ini saja. Tes tertulis ini kita lakukan di kampus IV Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Ada 585 orang calon anggota PPS yang ikut seleksi tertulis ini," kata Martawansyah saat dihubungi, Minggu.

Martawansyah menjelaskan, dalam tes tertulis ini peserta diberikan waktu selama 90 menit untuk menjawab 50 soal pilihan ganda. Materi soal ini berkaitan dengan penyelenggaraan pemilihan atau Pemilu.

Nantinya, kata Martawansyah, dari 585 orang calon anggota PPS yang mengikuti seleksi tertulis ini akan ditetapkan 6 besar disetiap kelurahan untuk mengikuti tahapan selanjutnya yakni tahapan wawancara.

KPU Kota Bengkulu akan menetapkan 201 anggota PPS terpilih saja. Anggota PPS itu akan bertugas di 67 kelurahan yang tersebar di 9 kecamatan di Kota Bengkulu. Setiap kelurahan akan terdapat 3 anggota PPS.

"Setelah tes tertulis akan diambil 6 besar disetiap kelurahan. Selanjutnya 6 besar ini akan mengikuti tahapan akhir yakni wawancara. Berdasarkan hasil wawancara ini nanti akan ditetapkan 3 orang yang akan menjadi anggota PPS disetiap kelurahan," jelas Martawansyah.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020