Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan akan segera menetapkan sebanyak 16 orang yang lulus seleksi sebagai penyuluh pertanian swadaya di daerah ini.

“Dalam waktu dekat ini kita tetapkan 16 orang sebagai penyuluh pertanian swadaya,” kata Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Elxandi dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian tahun 2020 ini kembali membuka penerimaan tenaga penyuluh pertanian swadaya untuk menyebarkan berbagai informasi tentang pertanian kepada masyarakat petani di daerah ini.

Ia menyebutkan, sekitar 33 orang telah mengikuti seleksi penerimaan tenaga penyuluh pertanian lapangan, dari puluhan peserta seleksi ini, sebanyak 18 orang di antaranya penyuluh pertanian swadaya tahun 2019 dan sisanya peserta baru.

Ia mengatakan, sebanyak puluhan peserta penerimaan penyuluh pertanian swadaya di daerah ini telah menyelesaikan beberapa tahapan seleksi seperti seleksi berkas administrasi.

Sedangkan penilaian terhadap semua peserta seleksi penerimaan penyuluh pertanian swadaya di daerah ini melibatkan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.

Dinas Pertanian sebelumnya berencana mengangkat sebanyak delapan penyuluh pertanian swadaya, namun karena membutuhkan lebih banyak penyuluh pertanian sehingga  menambah jumlahnya menjadi 16 orang atau dua kali lipat.

Sedangkan anggaran untuk membayar gaji penyuluh pertanian swadaya ini hanya untuk selama lima bulan kedepan.

Untuk sementara ini, katanya, anggaran untuk membayar gaji sebanyak 16 penyuluh pertanian swadaya di daerah ini untuk lima bulan, setelah itu diusulkan lagi anggaran untuk gajinya di APBD perubahan.

Ia menyebutkan, sebanyak 16 orang tenaga penyuluh pertanian swadaya di daerah ini akan menerima gaji masing-masing sebesar Rp900 ribu per bulan yang bersumber dari APBD tahun ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020