Senin, 21 Agustus 2017

Habitat rafflesia jadi lokasi ngabuburit warga Bengkulu

id Rafflesia arnoldii
Habitat rafflesia jadi lokasi ngabuburit warga Bengkulu
Seorang warga memotret bunga Rafflesia arnoldii di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun. (FOTO ANTARA Bengkulu/Helti)
Bengkulu (Antara) - Warga Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, memadati lokasi bunga Rafflesia arnoldii mekar di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun untuk mengisi waktu menjelang berbuka atau ngabuburit sambil menikmati keunikan bunga langka itu.

"Lokasinya dalam hutan tapi masih di pinggir jalan, jadi langsung datang ke sini setelah tau informasi ada bunga mekar," kata Yuliana, warga Desa Tanjung Heran, Kecamatan Taba Penanjung di lokasi bunga mekar, Kamis.

Hanya perlu berkendara selama 10 menit dari Desa Tanjung Heran untuk mencapai lokasi bunga mekar di jalan lintas yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Curup, Kabupaten Rejanglebong itu.

Kelompok masyarakat yang menemukan bunga itu telah memasang spanduk pengumuman tentang keberadaan bunga rafflesia di lokasi tersebut. Hanya perlu berjalan kaki tiga meter ke dalam hutan untuk melihat bunga itu.

Pengunjung pun memanfaatkan kesempatan itu untuk mengabadikan foto diri dengan telepon selular atau selfie bersama bunga langka itu.

Ibnu, warga Desa Tanjung Heran mengatakan menemukan bunga tersebut mulai mekar pada Rabu (15/6) dan pihaknya langsung memasang posko berupa tenda terbuat dari terpal dan memasang spanduk berisi informasi bunga mekar.

"Kemarin kami temukan bunga mulai mekar dan hari ini lima kelopak bunga membuka sempurna," kata dia.

Ibnu dan rekan-rekannya juga membuat jalan setapak untuk memudahkan pengunjung menikmati bunga rafflesia dari jarak dekat.

Kelompok masyarakat itu tidak mengutip retribusi bagi pengunjung tapi menerima sumbangan sukarela bagi mereka yang harus berjaga di dalam hutan itu.

Bunga Rafflesia arnoldii merupakan salah satu jenis rafflesia yang masih ditemukan di kawasan hutan Bengkulu. Selain jenis arnoldii, tiga jenis bunga rafflesia lainnya juga memiliki habitat di hutan Bengkulu yakni Rafflesia gadutensis, Rafflesia bengkuluensis dan Rafflesia hasselti.***3***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga