Sabtu, 24 Juni 2017

4.864 Orang Ikut Mudik-Balik Gratis Jasa Raharja

id Jasa Raharja, Lebaran
4.864 Orang Ikut Mudik-Balik Gratis Jasa Raharja
Ilustrasi. (Foto Antara)
Jakarta (Antara) - Sebanyak 4.864 orang ikut dalam program mudik-balik gratis dari PT Jasa Raharja (Persero) yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, 17 dan 18 Juni 2017.

Mudik-balik gratis itu terselenggara dalam hajatan besar "Mudik Bareng BUMN" atas koordinasi Kementerian BUMN dalam momentum Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah atau Lebaran 2017.

"Sebanyak 4.864 orang ini jumlah seluruhnya untuk mudik dan balik dengan menggunakan kereta," kata Kepala Sub Bagian SDM dan Umum Jasa Raharja Sugeng Prastowo yang dihubungi dari Jakarta, Minggu.

Perusahaan pelat merah itu memberangkatkan 4.864 orang dengan 8 rangkaian kereta yang terdiri dari 64 gerbong dalam program mudik-balik gratis tahun ini.

BUMN itu juga menyelenggarakan arus balik dengan kereta api dengan pemberangkatan dari Solo, Malang dan Surabaya pada 1 dan 2 Juli 2017.

Salah satu peserta mudik-balik, Fathia (45), yang ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu, mengaku telah mendaftar program tersebut sejak sebelum Ramadhan. Bersama suami dan dua anak lelakinya, keluarga itu naik kereta Jayabaya jurusan Jakarta-Malang dari Stasiun Pasar Senen pada Minggu (18/6) siang.

"Kami turun di Bojonegoro. Baliknya juga dapat gratis dari Jasa Raharja pemberangkatan tanggal 2 Juli," katanya.

Fathia mengaku telah dua tahun berturut ikut program mudik gratis dari perusahaan asuransi sosial itu.

"Kami memang mengincar program mudik gratis ini sejak dulu. Sebelumnya juga pernah pakai bus dari BRI. Kan lumayan bisa hemat banyak," katanya diselingi tawa.

Ainun Nasikh (27), peserta mudik gratis lainnya yang mudik ke Lamongan, Jawa Timur, juga mengaku sangat memanfaatkan program mudik dari perusahaan dan pemerintah.

"Hemat banget kalau ikut program ini. Tapi saya tidak ikut balik gratis karena baru akan kembali 16 Juli nanti," kata pria yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar itu.

Selain dengan moda transportasi kereta api, Jasa Raharja memberangkatkan sekitar 30.005 orang dengan 555 bus.

Perusahaan itu menjadi satu dari 28 BUMN lainnya yang menggelar kegiatan "Mudik Bareng BUMN 2017" ke 84 kota tujuan di Jawa, Sumatera dan Sulawesi dengan menggunakan bus, kereta api, kapal dan pesawat terbang. ***1***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga