Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 35 kelompok tani di daerah ini akan mendapatkan bantuan benih jagung dari pemerintah provinsi setempat.

“Kemungkinan dalam bulan ini sebanyak 35 kelompok tani di daerah ini mendapatkan bantuan benih jagung dari pemerintah provinsi. Pihak provinsi telah membelinya selanjutnya menyalurkan ke kabupaten ini,” kata Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sugiyanto di Mukomuko, Rabu.

Kabupaten Mukomuko Tahun 2020 ini kembali mendapatkan bantuan benih jagung dari pemerintah pusat untuk mengembangkan tanaman pertanian di lahan seluas 1.447 hektare milik petani setempat.

Ia menyebutkan, seluas 1.447 hektare lahan yang mendapat bantuan benih jagung adalah lahan kosong dan lahan perkebunan kelapa sawit yang mendapatkan program peremajaan atau “replanting” tanaman kelapa sawit dari pemerintah pusat.

“Khusus lahan yang telah replanting tanaman kelapa sawit diupayakan ditanamani jagung, ditanam palawija di sela-sela tanaman kelapa sawit yang berusia muda atau tumpang sari,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dari lahan seluas 1.447 hektare milik kelompok tani tersebut, setiap lahan tersebut mendapatkan pembagian benih jagung sebanyak 15 kilogram dari pemerintah provinsi setempat.

Ia mengatakan, lahan seluas 1.447 hektare tersebut tersebar di delapan kecamatan tersebut, yakni seluas 236 hektare lahan milik beberapa kelompok tani di Kecamatan Teras Terunjam, seluas 181 hektare lahan milik kelompok tani di Kecamatan XIV Koto, seluas 398 hektare lahan milik kelompok tani di Kecamatan Selagan Raya.

Kemudian seluas 152 hektare lahan milik kelompok tani di Kecamatan Malin Deman, di Kecamatan Air Manjuto seluas 72 hektare, Kecamatan V Koto seluas 65 hektare, Kecamatan Teramang Jaya seluas 240 hektare, Kecamatan Kota Mukomuko seluas 103 hektare. ***1***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020