Tentara Nasional Indonesia melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 yang mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu guna mewujudkan pembangunan infrastruktur berkelanjutan di daerah setempat.
 
Komandan Satgas TMMD Ke-113 Kodim 0428/Mukomuko Letkol CZI Rinaldo Rusdy SIP dalam keterangannya di Mukomuko, Senin mengatakan TMMD berlokasi di Desa Sidodadi merupakan program pembangunan berkelanjutan infrastruktur di wilayah Kabupaten Mukomuko.
 
Disebutkan, salah satu program TMMD membuka jalan di desa agar dapat memperlancar mobilitas orang dan barang sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
 
Adapun sasaran fisik yang dicapai saat ini, yakni realisasinya pekerjaan pembukaan jalan dengan panjang empat kilometer dan lebar delapan meter sudah mencapai 99 persen.
 
TNI melalui program TMMD ke-113 selain membuka jalan penghubung desa, juga membangun jembatan sepanjang 4,4 meter dan lebar empat meter dengan realisasi pekerjaan pembangunannya telah mencapai 95 persen.
 
Sedangkan, katanya, pekerjaan pemasangan gorong-gorong di empat tidak di Desa Sidodadi, Kecamatan Sungai Rumbai telah selesai 100 persen.
 
Selain itu, katanya, Satgas TMMD ke-113 juga telah menyelesaikan kegiatan non fisik meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara, penyuluhan pertanian, posyandu, posbindu PTM pengobatan COVID-19, stunting dan KB kesehatan, penyuluhan hukum, penyuluhan Kamtibmas, serta penyuluhan bahaya narkoba.
 
Ia berharap selanjutnya kegiatan TMMD baik fisik infrastruktur maupun nonfisik di daerah ini dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien.
 
Selain itu, tujuan program TMMD ke-113 di daerah ini dapat tercapai untuk membantu percepatan pembangunan di daerah juga untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan, optimalisasi TMMD dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah Desa Sidodadi Kecamatan Sungai Rumbai.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022