Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menerapkan inovasi "Lokan Penting" atau melakukan pelayanan kesehatan untuk pencegahan stunting di daerah ini.

"Di Dinas Kesehatan ada juga namanya inovasi 'Lokan Penting' dan inovasi ini diterapkan di daerah ini tahun 2023," kata Kepala Bidang Bimbingan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Asma Dewi di Mukomuko, Sabtu.
 
Ia menjelaskan inovasi ini berupa beberapa kegiatan pelayanan kesehatan yang dilakukan melalui puskesmas selama ini sebagai upaya mencegah stunting di daerah ini.

Ia menyebutkan singkatan 'lokan', yakni lakukan pemenuhan gizi ibu hamil, promosi kesehatan yang menyeluruh, kebersihan, sanitasi, kualitas air dan lingkungan yang baik.
 
Selain itu, ASI eksklusif dan MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang berkualitas, timbang dan rutin mengecek tumbuh kembang anak di fasilitas kesehatan, sedangkan singkatan "penting" yakni pencegahan stunting.
 
Untuk itu, katanya, para ibu harus melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur, pergi ke posyandu teratur, olahraga teratur, gizi seimbang.

Selain itu, penimbangan rutin karena untuk memantau anak yang terkena stunting maka anak harus rutin ditimbang.
 
"Kalau tidak bagaimana memantau pertumbuhan anak," kata dia.

Untuk kegiatan tahun ini secara riil, instansinya menggalakkan posyandu karena inti dari penilaian stunting anak harus ditimbang dan diukur setiap bulan.
 
"Jadi kita menggalakkan mereka rajin ke posyandu, kalau mereka tidak ke posyandu kita sweeping (razia) ke rumah rumah untuk menimbang mengukur berat badan," ujarnya.

Ia mengatakan sekarang ini kebutuhan makan untuk anak tidak hanya Empat Sehat Lima Sempurna, tetapi makanan yang tinggi protein hewani.
 
Untuk mewujudkan daerah ini bebas dari stunting, katanya, bukan hanya menjadi tanggung jawab dan tugas Dinas Kesehatan, tetapi peran seluruh pihak, sedangkanDinas Kesehatan di bagian gizi dan sanitasi.
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023