Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memprogramkan sebanyak 31 desa di daerah ini sudah memiliki akses internet gratis pada 2023, guna mewujudkan desa digital di daerah ini.

Program internet gratis untuk desa di daerah ini merupakan visi dan misi bupati untuk menjadikan semua desa di daerah ini memperoleh akses 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Novria Eka Putra menargetkan program internet gratis untuk 31 desa di daerah ini bisa terealisasi dalam tahun ini.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko setiap tahun mendapatkan alokasi dana yang bersumber dari APBD untuk melaksanakan program  internet gratis untuk desa daerah ini.

Ia mengatakan, instansinya menjalin kerja sama dengan PT Telkom Indonesia  untuk membangun akses internet di 31 desa yang tersebar di daerah ini.

"Kita kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk pemasangan Wife di desa yang mendapatkan program internet gratis dengan persyaratan desa dilewati oleh kabel optik perusahaan tersebut," ujarnya.

Selanjutnya, katanya, pemerintah daerah setempat yang membayar biaya langganan Wife yang dipasang di desa kepada PT Telkom Indonesia.

Ia mengatakan mayoritas pembangunan dan pemasangan jaringan internet tersebut dipasang di kantor desa dan peralatan ini juga dipasang di fasilitas umum di desa.

Selanjutnya, ia menyarankan, pemerintah desa menggunakan dana desa untuk membuat fasilitas seperti pondok bagi masyarakat yang ingin mengakses internet di kantor desa.(Adv)

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023