Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan besaran anggaran bantuan untuk partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPRD daerah itu pada tahun 2023 tidak berubah.

"Anggaran bantuan parpol yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2023 ini masih sama dengan tahun 2022 yakni sebesar Rp1.016.719.165," kata kepala Badan Kesbangpol Rejang Lebong Zulfan Efendi saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan 10 parpol yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Rejang Lebong menerima bantuan dari pemkab setempat disesuaikan dengan jumlah perolehan suara dikalikan Rp7.205,00 per suara.

Dari 10 parpol yang memiliki kursi di DPRD Rejang Lebong ini, kata dia, penerima terbesar adalah Partai Golkar yang menjadi pemenang Pemilu 2019 di Rejang Lebong dengan perolehan lima kursi sebesar Rp150,4 juta.

Sedangkan Partai Hanura yang mendapatkan dua kursi dewan memperoleh bantuan paling sedikit yakni sebesar Rp51,5 juta.

Sementara itu untuk pencairan bantuan parpol tahun 2023 ini, menurut dia, akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini mengingat laporan hasil pemeriksaan (LHP) penggunaan bantuan parpol tahun 2022 oleh BPK sudah selesai dan akan diberikan kepada pihaknya.

"Adapun persyaratan untuk pencairan bantuan parpol itu sendiri ialah LHP hasil audit dari BPK atas penggunaan bantuan tahun 2022 lalu," terangnya.

Dia mengimbau masing-masing parpol yang memiliki kursi di DPRD Rejang Lebong agar segera mengajukan permintaan pencairan kepada pihaknya dengan menyiapkan berbagai persyaratan, sehingga nantinya bisa langsung digunakan untuk keperluan program pendidikan politik dan administrasi sekretariat partai masing-masing.

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023