Ratusan pencari kerja menghadiri Program  Bursa Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota Bengkulu yang menyediakan 500 lowongan kerja dari 17 perusahaan.
 
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bengkulu Firman Romzi di Bengkulu, Senin, mengatakan bahwa penjaringan terhadap pencari kerja dilakukan secara tatap muka dengan menghimpun berkas pendaftaran dan nantinya proses seleksi dilakukan secara daring pada situs yang telah disediakan.
 
"Pemerintah Kota Bengkulu mengapresiasi  pelaksanaan bursa kerja yang dilakukan bersama pihak ketiga," ujar Firman Romzi.
 
Ia menyebutkan untuk kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan yaitu memiliki batas ijazah pendidikan sekolah menengah atas (SMA) sederajat dan strata satu ditambah beberapa  berkas terkait pengalaman yang mendukung.
 
Dengan adanya bursa kerja tersebut, ia berharap angka pengangguran di Kota Bengkulu menurun.

Sementara itu Direktur PT Kerja Karir Indonesia Riski Yanuar menerangkan bahwa sebanyak 17 perusahaan besar yang bermitra dengan perusahaannya siap menyambut tenaga kerja baru.
 
Untuk lowongan kerja yang dibutuhkan tersebut di antaranya berfokus pada sektor ritel modern, sektor jasa, pemasaran dan beberapa sektor lainnya.
 
"Dari ratusan peserta yang ada nantinya dipilih sebanyak 500 orang yang dipekerjakan pada penempatan Provinsi Bengkulu dan wilayah Sumatera lainnya," sebutnya.
 
Sementara itu, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnaker) Provinsi Bengkulu menyebutkan bahwa pada 2023 pihaknya akan melaksanakan bursa kerja untuk seluruh masyarakat Bengkulu.
 
Kepala Disnakertrans Provinsi Bengkulu Edwar Heppy menerangkan bahwa pelaksanaan bursa kerja itu guna mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan di Bengkulu.
 
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023