Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, meminta 34 kelurahan agar segera menyerap dana pembinaan kelurahan tahun 2023 sebesar Rp100 juta per kelurahan.

"Kita minta 34 kelurahan ini agar segera menyerap dana pembinaan kelurahan tahun 2023, saat ini penyerapannya rata-rata 60 persen," kata Kabag Pemerintahan Pemkab Rejang Lebong Bobby Harpa Santana di Rejang Lebong, Jumat.

Dia menjelaskan, dana pembinaan kelurahan tersebut dianggarkan dalam APBD Rejang Lebong 2023 dan ditargetkan pada Agustus mendatang sudah terserap 100 persen.

Ia mengatakan penggunaan dana bantuan pembinaan kelurahan ini, kata dia, dilakukan sesuai dengan perencanaan dari masing-masing kelurahan seperti untuk pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM), budi daya perikanan lele dan lainnya.

Sejumlah program yang dikembangkan dengan pembiayaan dari dana pembinaan kelurahan ini, kata dia, sudah mulai berjalan seperti di Kelurahan Cawang Baru, Kecamatan Curup Timur, yang mengembangkan usaha jahit pakaian.

"Di Kelurahan Cawang Baru ini mereka mengadakan pelatihan dan pengadaan mesin jahit, saat ini usaha jahit pakaian oleh kelompok warganya sudah berjalan," terang dia.

Menurut dia, bantuan kelurahan yang dikucurkan pemkab setempat untuk menunjang program prioritas sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati Rejang Lebong dalam pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan UMKM, kelompok masyarakat maupun untuk kelembagaan yang ada di kelurahan.

Dia berharap 34 kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong nantinya bisa menyerapnya hingga 100 persen sehingga bisa dialokasi untuk program-program yang telah disusun berdasarkan musyawarah di kelurahan masing-masing.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023