Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menjadikan Festival Danau Nibung sebagai agenda tahunan untuk melestarikan seni budaya sekaligus mempromosikan objek wisata di daerah itu.

"Festival Danau Nibung ini sudah menjadi ajang dan agenda tahunan di daerah ini. Tahun lalu kita juga mengadakan Festival Danau," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Riskan di Mukomuko, Sabtu.

Ia menyebutkan, sejumlah kegiatan yang digelar saat Festival Danau, yakni seperti acara pokok pergelaran seni budaya, lomba kano, lomba mewarnai gambar untuk anak -anak lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD), dan bazar kuliner khas daerah ini.

Ia mengatakan, saat ini instansinya sedang melakukan berbagi persiapan, salah satunya mengadakan rapat terkait guna membahas tentang pelaksanaan Festival Danau Nibung yang akan digelar bulan depan, yakni tanggal 17-18 Juli 2023.

"Kami akan mengadakan rapat dengan berbagai instansi terkait untuk persiapan pelaksanaan Festival Danau Nibung di objek wisata Danau Nibung," ujarnya.

Ia menyebutkan, pemerintah daerah setempat tahun ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp60 juta untuk mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Festival Danau Nibung tahun ini.

Ia menyatakan, meskipun anggaran yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat untuk mengadakan Festival Danau Nibung minim, namun daerah ini mendapatkan dukungan peralatan dari pemerintah provinsi.

"Kita dapat dukungan dari provinsi.  Nanti ada perlengkapan pendukung berupa panggung, mesin dari provinsi," ujarnya.

Ia menjelaskan, dari beberapa kegiatan, ada dua kegiatan perlombaan pada Festival Danau Nibung, yakni lomba kano dan mewarnai gambar untuk anak PAUD.

Ia mengatakan, pemerintah daerah setempat mengundang 10 kabupaten/kota yang tersebar di Provinsi Bengkulu, termasuk empat kabupaten terdekat, yakni 
beberapa kabupaten di Provinsi Jambi dan Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023