Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta instansi terkait melengkapi petugas kebersihan di daerah itu dengan alat pelindung diri.

"Kami lihat petugas kebersihan di daerah ini belum memakai alat pelindung diri (APD). Bidang kebersihan harus melengkapi petugas kebersihan itu dengan APD," kata Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Khairul Saleh, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, dirinya hampir setiap pagi melihat petugas kebersihan bekerja mengumpulkan sampah dan menyapu Jalan Lintas Barat (Jalinbar) mulai dari Kecamatan Penarik hingga Kecamatan Kota Mukomuko.

Menurutnya, terlalu berisiko bila petugas kebersihan dibiarkan bekerja di Jalinbar itu tanpa menggunakan APD.

Seharusnya, katanya, petugas kebersihan itu dilengkapi APD berupa baju bergaris warna agar pengendara pada waktu pagi dapat melihat petugas tersebut.

Termasuk, lanjutnya, APD jenis lain yang dapat membantu menjaga keselamatan petugas kebersihan saat bekerja.

Ia mengatakan, dirinya telah menyampaikan langsung mengenai APD itu kepada bidang pertamanan dan kebersihan agar mereka menyediakan APD untuk petugas kebersihan.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mukomuko Wandi mengatakan seharusnya petugas kebersihan itu memakai APD. Namun bidang itu belum ada anggaran untuk membeli APD tersebut.

"Itu masukan bagi kami agar selanjutnya diusulkan anggaran untuk pembelian APB petugas kebersihan," ujarnya.

Sementara itu, katanya, dirinya rutin minta masker untuk petugas kebersihan kepada dinas kesehatan setempat. ***4***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015