Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu optimis mendapatkan hasil terbaik, apa lagi kini sudah masuk 10 besar lomba Innovative Government Award (IGA) 2023.
 
"Tentu optimistis dan alhamdulillah, bersyukur, hari ini inovasi kita masuk 10 besar IGA 2023 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan tadi paparan inovasi unggulannya," kata Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu Medy Pebriansyah di Monitoring Center Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bengkulu, Selasa.

Baca juga: Pemkot Bengkulu panggil Kepala Dikbud terkait mutasi kepala sekolah
 
Ia menyebutkan, untuk inovasi yang diikutsertakan oleh Pemerintah Kota Bengkulu dari segi kuantitas sudah cukup banyak, yaitu 221 inovasi.
 
Kemudian, untuk inovasi unggulan Pemkot Bengkulu memilih Sistem Layanan Administrasi Warga Elektronik (Slawe) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta gerakan sedekah Rp2 ribu yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), tenaga honorer dan lainnya.
 
"Kami menyampaikan inovasi unggulan di Kota Bengkulu, satu yang berbasis teknologi informasi, yaitu aplikasi SLAWE dan kemudian gerakan sedekah Rp2 ribu," ujarnya.
 
Medy menjelaskan, keunggulan program SLAWE, yaitu masyarakat tidak perlu mengantre dalam mengurus surat surat penting, sebab warga dapat mengakses dari rumah dan di mana pun, terkait dengan dokumen, dapat dicetak sendiri, diantarkan oleh petugas ke rumah bahkan kantor.

Baca juga: Wali Kota resmikan kampung religi di Bengkulu
 
Sedangkan untuk program sedekah Rp2 ribu, dinilai menjadi solusi dalam mengakomodir berbagai keluhan masyarakat secara cepat, sebab dana yang terkumpul dari gerakan tersebut dapat membantu warga yang membutuhkan.
 
"Dengan sedekah Rp2 ribu dinilai lebih fleksibel dari pada kita menunggu dana pemerintah yang memerlukan mekanisme, proses dan beberapa tahapan," sebut dia.
 
Diketahui, IGA adalah sebuah ajang kompetisi inovasi tingkat nasional yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri.
 
Untuk penilaian dan pemberian penghargaan IGA dilakukan untuk memberikan motivasi kepada pemerintah daerah (Pemda) agar meningkatkan inovasi terutama dalam hal pelayanan terhadap masyarakat, mendorong penerapan good governance, meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap proses-proses inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah.
 
Selanjutnya, tujuan utama IGA yaitu memberikan penghargaan terhadap pemerintah yang dinilai berhasil menerapkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah secara transparan dalam upaya peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023