Mukomuko (Antara) - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Khairul Anwar menyebutkan dana hibah untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat sebesar Rp2,9 miliar.

"Kita (Satpol PP) dapat dana hibah Rp1 miliar untuk kegiatan pengamanan Pilkada. Sedangkan Kepolisian Rp1,5 miliar, dan TNI Rp400 juta," kata Khairul di Mukomuko, Rabu.

Satpol PP Mukomuko memiliki 200 personel yang terdiri dari 137 orang tenaga kerja sukarela, 47 orang tenaga kontrak, dan 20 orang pegawai negeri sipil (PNS).

Ia menyebutkan personel Satpol PP dikerahkan untuk membantu pengamanan Pilkada dalam Kecamatan Kota Mukomuko dan sebagian dikirim ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kecamatan lain.

"Jumlah personel kita masih terbatas, tetapi bisa untuk membantu pengamanan di tingkat PPK dan Komisi Pemilihan Umum," ujarnya.

Ia mengatakan, dana itu juga digunakan untuk kegiatan 
pembekalan personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang tersebar di 15 kecamatan.

"Pembekalan Linmas ini untuk pengamanan Pilkada di tempat pemungutan suara (TPS). Mereka melakukan pengamanan sebelum, sesaat, dan setelah Pilkada," ujarnya.

Pembekalannya akan diadakan di lima tempat atau tiga kecamatan setiap tempat dengan melibatkan polisi dan TNI sebagai narasumber. ***2***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015